Skip to content

Menyamarkan Bekas Jerawat

Bagaimana Cara Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Cara-menghilangkan-Bekas-Jerawat

 

 

KOMPAS.com – Permasalahan kulit berupa timbulnya jerawat di area wajah merupakan kondisi yang mampu mengganggu penampilan sekaligus menurunkan kepercayaan diri kaum wanita. Bagaimana tidak, setelah jerawat menghilang, tidak jarang akan meninggalkan bekas berupa noda yang sulit untuk dihilangkan.

 

Menurut Roshini Rajapaksa MD, asisten profesor kedokteran di New York University School of Medicine, Amerika Serikat, kini ada banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dan menghilangkan noda bekas jerawat. Akan tetapi, Anda harus dapat membedakan antara noda perubahan warna pada kulit dengan noda bekas jerawat.

 

“Setelah jerawat menghilang, sangat wajar apabila kemudian terlihat ada noda yang membekas. Diskolorasi yang sering disebut dengan hiperpigmentasi pasca-peradangan atau post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) adalah kondisi yang normal dan sebenarnya bukan luka. Kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya meski butuh waktu beberapa tahun,” jelas Rajapaksa.

 

Apabila Anda tidak bisa menunggu noda bekas jerawat tersebut menghilang dengan sendirinya, Rajapaksan mengatakan Anda bisa membeli krim pencerah kulit dan penghilang jerawat yang dijual bebas di apotik atau gerai perawatan dan kesehatan. Produk semacam ini mengandung zat yang dinamakan kojic acid.

 

Akan tetapi, jika setelah menggunakan krim ini Anda masih belum melihat hasil yang optimal, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Kemudian, dokter kulit akan memberikan obat yang mengandung formula dengan kandungan yang lebih kuat, seperti tretinon atau hydroquinone.

 

“Wanita Asia dan wanita Afrika, misalnya, cenderung lebih rentan terhadap PIH dan luka akibat jerawat ketimbang wanita Amerika atau Eropa. Jika Anda merasakan tekstur kulit yang tidak merata akibat jerawat, cobalah untuk menggunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acid,” terang Rajapaksa.

 

Produk tersebut, imbuhnya, akan membantu memperbaiki kondisi kulit secara bertahap. Akan tetapi, apabila kulit Anda masih bermasalah, maka Rajapaksa menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter spesialis kulit untuk menghilangkan noda bekas jerawat dengan metode laser, injeksi filler, atau prosedur operasi minor.

 

 

 

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor: Alvin Dwipayana

Sumber: news.health.com

 

 

Iklan
%d blogger menyukai ini: